Sosok Di Balik Prestasi Eagle Shooting Club (ESC)

Asep Ruhiyat - ESC

Asep Ruhiyat - ESC

Asep Ruhiyat. 

Menyebut nama Eagle Shooting Club tidak bisa terlepas dari sosok kalem, ramah, dan low profile dari Asep Ruhiyat. Dibalik tangan dinginnya sebagai pelatih menembak, ESC melejit sebagai salah satu klub yang cukup diperhitungkan.

Nama-nama lain yang juga memiliki prestasi hebat di Eagle adalah Hans Christian dan Netra Sakanti. Mereka pun tidak lepas dari kontrol dan binaan yang baik, oleh Kol. Handoko dari TNI Angkatan Udara, yang juga bertindak selaku Penasehat dan Ketua Umum ESC.

Eagle, menurut Asep dalam wawancara dengan web Majalahmenembak, memang menomorsatukan prestasi pada setiap latihan. Jadi bukan hal aneh bila Eagle pun masih ditakuti lawan tanding di lapangan tembak.

Mulai dibentuk pertama kali Asep adalah ‘otak’ dibalik semuanya, sejak berdinas di Paspampres ia memang punya keinginan besar untuk mewujudkan mimpinya memiliki klub menembak. Bersyukur lagi bahwa keinginan tersebut didukung penuh oleh Agus Budi Hartono, senior menembak yang juga pengurus Perbakin.  Saat menyampaikan niat itulah maka segala sesuatunya dimulai.

Asep Ruhiyat - ESC

Di ESC (Eagle Shooting Club) dari awal Asep selalu menerapkan disiplin penuh ala militer kepada anggota sipil,  dengan tujuan bahwa olahraga menembak ini bukanlah olahraga yang bisa dibuat main-main. Semua petembak harus memahami sekali aturan dan disiplin dalam menembak, mulai dari aturan untuk menggunakan senjata, mengontrol emosi dan pengendalian diri saat berlatih, hingga merawat senjata pun diajarkan. “kuncinya semua harus disiplin” ungkap Asep, yang juga tidak pernah absen untuk ikut berbagai kejuaraan di dalam maupun diluar negeri.

Meski keseharian Asep terlihat sederhana, tapi siapa sangka bila sudah berlaga di lapangan tembak ia mampu melesatkan peluru dengan tajam ke sasaran. Keahliannya pun ditularkan kepada semua anak didiknya. Tidaklah heran bila deretan piagam penghargaan, medali dan piala berjajar rapi di markas Eagle di Cijantung.

Penulis = pelitha nur aminy

Related posts

Leave a Comment