Pelatih Tembak Kalsel

F. Dharmawan Budiman Pelatih Tembak Kalsel

F. Dharmawan Budiman Pelatih Tembak Kalsel

F Dharmawan Budiman. 

Sosok bertangan dingin di balik prestasi atlet Perbakin Kalsel adalah Dharmawan Budiman, biasa disapa dengan panggilan Iwan. Anak didiknya yang dilatih melalui tangannya sebagian bisa meraih prestasi internasional, seperti Wayne Aulya yang menjadi pemecah rekor Seasa di kelas 10 M Air Rifle Putri. Belum lagi nama-nama lain yang patut diperhitungkan sebagai lawan yang tidak main-main.

Peran Iwan dan Ketua Perbakin Kalsel Herman Chandra sangatlah besar. Dukungan utama dari keduanya, dibantu pengurus yang lain melahirkan atlet yang luarbiasa dan gemilang. Kalsel selalu menuju kemenangan.

Obsesi dan progress Iwan juga membahana, melalui latihan keras dan disiplin yang ia terapkan ke anak didik, serta kemampuan finansial yang disupport oleh Ketua Perbakin Kalsel, Iwan pantang mundur, ia ingin atlet Kalsel terus maju hingga ke level dunia, dan diwujudkan dengan mengikuti kejuaraan menembak pada level asia dan dunia di beberapa negara.

Mengenak senjata dari berburu, yang diperkenalkan oleh kakeknya, Iwan sudah sangat tertarik meski hanya sesekali menembak bajing atau babi di daerahnya.

Pengalam perburuan yang selalu diceritakan sang kakek juga membekas dalam dirinya, hingga suatu hari dengan uang tabungan ia membeli senjata api sendiri untuk berburu.

Lapangan Tembak Target Kalsel

Berburu sangat memacu adrenalin dan penuh dengan tantangan, karena itu Iwan sangat menyukai kesenangan tak berbatas ini. Tapi lama kelamaan ia memutuskan untuk menekuni tembak target di tahun 2000, karena satu kepedulian untuk memajukan Perbakin Kalsel terutama jenis tembak target.

Saya mulai berpikir gimana caranya ya, target belum sepenuhnya saya kuasai, baik secara ilmu maupun latihan. Saya mulai browshing dan banyak bertanya ke teman yang memang sudah mahir. Kebetulan di saat bersamaan ada penataran pelatih di Surabaya dari PB Perbakin yang kemudian saya ikuti. Mulailah saya menerapkan cabang tembak target untuk atlet Perbakin Kalsel.

Sejak tahun 2008 atlet menembak Kalsel selalu meraih medali pada Kejuaraan Nasional. Pada ada PON XIX Th 2016 di Jabar atlet menembak Perbakin Kalsel berhasil meraih medai 4 Emas, 3 Perak dan 3 Perunggu.

Dan pada event internasional atlet menembak Kalsel berhasil meraih medali Perunggu kelas 10 M Air Rifle Putri ( Fitri Rahmadani ) pada Asean University Games di Singapore dan medali Emas ( Wayne Aulya Pradheta ) pada South East Asia Shooting Championship Th 2016 di Vietnam dan sekaligus pemecah rekor Seasa di kelas 10 M Air Rifle Putri.

Meski kini profesinya adalah pelatihan atlet, untuk mengasah kemampuan Iwan masih terus berburu. Senjata favoritenya adalah Bolt Action karena memasukan pelurunya satu persatu, itu kita anggap sportif bagi pemburu karena ada kesempatan binatang buruan untuk lari. Disinilah tantangan seorang pemburu bisa menembak buruan yang sedang lari.

Penulis = pelitha nur aminy

Related posts

Leave a Comment