Munas Perbakin 2018 – Siapa yang Layak Pimpin Perbakin

Logo PERBAKIN

Jelang Munas Perbakin tanggal 1 dan 2 Desember  2018 di Jakarta, spekulasi siapa yang akan menjadi ketua umum menggantikan ketua PB Perbakin Bambang Trihatmodjo mulai bermunculan.

Nama-nama calon yang muncul pada bursa Ketua Umum Perbakin yakni Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto dan Komjen Pol Budi Waseso, kini menjabat sebagai Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka dan Kabulog dan Japto Soerjosoemarno.  Ketiganya masing-masing  memiliki visi dan misi yang berbeda.

Kini tergantung pilihan suara dari peserta Munas yang notabene adalah Pengurus di Perbakin Provinsi, kemana suara akan dipilih. Tentu saja pilihan harus bijak, mana di antaranya yang terbaik untuk memimpin Perbakin.

Beberapa sumber yang dimintai komentarnya mengatakan, figur ketua terpilih sudah selayaknya dapat membawa olahraga menembak semakin baik, makin menunjukkan prestasi gemilang bagi para atletnya, dan semakin berkembangnya turnamen menembak ditanah air untuk regenerasi atlet.

Ketua umum diharapkan adalah sosok yang berpengalaman dalam mencetak atlet dan prestasi. Dan yang paling penting memiliki kepedulian terhadap atlet yang akan bertanding. Sebab untuk menghasilkan prestasi perlu didukung pula dengan sarana lapangan tembak yang memadai dan fasilitas lainnya, seperti training center, pelatih tembak terbaik dan sebagainya.

Perbakin kedepannya butuh figur yang passionnya senang dengan olahraga menembak. Sebab olahraga ini pun tidak bisa dipisahkan antara militer dan sipil, sudah menjadi satu kesatuan yang erat.

Sebagai contoh, pesatnya kemajuan prestasi para prajurit Indonesia di lomba tembak berkelas internasional setara AASAM, AARM dan BISAM juga patut diapresiasi sebagai tolok ukur olahraga menembak tanah air.

Prestasi prajurit ini bisa ditularkan kepada atlet lain di nomor target, air rifle, airsoft, berburu, skeet and trap yang menjadi bagian dari nomor yang dipertandingkan pada turnamen menembak.

Lapangan tembak yang dimiliki TNI di setiap provinsi memungkinkan untuk melakukan pembinaan atlet daerah, karena fasilitas menembak terpenuhi dengan baik.

Penulis = pna

Related posts

Leave a Comment