Bemula dari Menembak Burung

Denny Pratama Petembak Kalsel

 

Denny Pratama Petembak Kalsel

Adalah Deny Pratama, atlet menembak yang menjadi andalan Kalimantan Selatan untuk berbagai turnamen menembak di Indonesia. Deretan prestasi sudah ia torehkan saat memulai karir sebagai atlet tembak profesional.

Namun, siapa sangka, kemahiran Deny menembak dimulai saat duduk di kelas X dan sudah terdidik sedari kecil untuk menembak burung di sekitar rumah. Alm bapaknya memperkenalkan Deny kepada pak Charles—salah satu pelatih tembak di Banjarmasin.

Dari menembak burung Deny dikenalkan pada air pistol, kebetulan jumlah atletnya masih sangat sedikit. Tapi selang beberapa bulan kemudian Deny sudah diarahkan untuk pegang pistol dan terus ditekuninya hingga kini.

 

Denny Pratama Petembak Kalsel

Bagi Deny, pilihannya akan menembak adalah risiko cidera yang tipis dibanding olahraga lain, asal tetap mengikuti aturan dalam penggunaan senjata. “Kita paham dulu apa jenis senjata dan bagaimana keamanannya, lawan kita adalah kertas target,

itu yang harus ditaklukkan saat berada di lapangan tembak,” ungkap Deny, yang mengaku pelajaran tentang kontrol emosi adalah pelajaran berharga yang diperolehnya dari menembak.

Sensasi lain adalah suara letusan dari peluru yang baru saja ditembakkan, dan hasil yang baik dari tembakan tersebut. Karena berawal dari air pistol, hingga kini Deny tetap memilih senjata itu dan free pistol.

Menembak, bagi Deny sudah melengkapi semua yang ia butuhkan untuk olahraga. Karena didalamnya sudah terdapat latihan fisik, tehnik dan mental. Melatih kesabaran, mengontrol emosi dan cara berpikir cepat namun tepat.

“Semua sudah saya dapatkan, makanya saya tidak mau berpindah ke cabang lain, ini sudah menjadi pilihan hidup saya,” tukas peraih medali dari berbagai turnamen menembak, terakhir Deny meraih medali Emas Kelas 10M Air Pistol Men Senior Individu pada PON XIX di Jawa Barat Tahun 2016.

Penulis : pelitha nur aminy

Related posts

Leave a Comment